Surabaya (07/05/2020) – Perayaan Dies Natalis Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya ke 30 cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hari jadi STIAMAK Barunawati Surabaya ke 30 jatuh pada tanggal 2 Mei 2020 disaat wabah global Covid-19 sedang melanda.

Tanpa mengurangi semarak Dies Natalies, STIAMAK mengadakan serangkaian kegiatan sebagai wujud selebrasi. Kegiatan awal tahun dimulai dengan Launching STIAMAK Language Learning Centre (SLLC) pada 20/02/2020. SLLC merupakan unit kerja di bawah naungan STIAMAK dalam bidang budaya dan bahasa. Nugroho Dwi Priyohadi selaku Ketua STIAMAK mengatakan bahwa, “SLLC memiliki beberapa program pelatihan misalnya Test of English Proficiency, Conversation Class dengan mendatangkan native speaker, dan juga beberapa program menyesuaikan lainnya”.

Pada 18 Maret 2020 STIAMAK melakukan kunjungan ke keluarga dosen STIAMAK yang sudah meninggal. Silaturahmi ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa dosen yang telah berdedikasi dalam pengembangan STIAMAK.

Sebagai bentuk kepedulian STIAMAK Barunawati Surabaya terhadap wabah Covid-19, STIAMAK mengadakan kegiatan baktibsosial internal bagi yang terdampak Covid-19 pada 16 April 2020.

Di bulan Ramadhan ini, STIAMAK mengadakan tasyakuran Akreditasi B dan buka puasa bersama dengan protokol physical distancing pada 30 April 2020.

Dalam bidang pelatihan, STIAMAK mengadakan seminar online pada 7 Mei 2020. Dengan menggandeng AsBUPI, STIAMAK siapkan seminar online dengan tema Membangun SDM Maritim di Tengah Wabah Covid-19. Seminar online ini berlangsung pukul 13.00 s/d 15.00 dengan dipandu oleh Nugroho Dwi P selaku moderator dan Dede Martin serta Chiefy Adi K selaku nara sumber. Menurut Dede Martin sebagai Ketua ASBUPI, “International trade terdampak dengan penurunan pendapatan pelabuhan dunia sekitar 300 juta USD, beberapa rencana shipping dibatalkan. Kita perlu cari solusi atas ini”. Pada kesempatan yang sama, Chiefy Adi K yang merupakan Sekjen ASBUPI sekaligus Dirut IPC Marine menambahkan bahwa,”Kita tetap optimis semoga convid19 segera selesei, dg strategi cost.efficiency, local shipping dan port business sampai triwulan 1 2020 ini kinerja tetap.baik, hanya tumbuhnya tidak terlalu besar.” Meskipun dilaksanakan secara daring, seminar online ini sangat menarik peminat peserta dilihat dari jumlah peserta yang ikut yaitu 61 orang dan sesi tanya jawab yang interaktif.

Sebagai acara penutupan kegiatan Dies Natalis STIAMAK Barunawati Surabaya yang ke 30, kegiatan penutupan direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020 mendatang. Teriring pengharapan semoga pandemik segera berakhir, kehidupan pulih normal seperti sedia kala.